Sabtu, 14 Mei 2016

Fungsi Lain Rice Cooker Ala Anak Kost




Sesuai dengan namanya, Rice cooker diciptakan untuk menanak nasi sekaligus menghangatkannya. Alat elektronik yang satu ini memang sangat praktis dan mudah digunakan. Kita tinggal memasukkan beras beserta air sesuai dengan takaran, kemudian tekan tombol cook dan beras tersebut akan matang dengan sendirinya. Akan tetapi, jangan salah. Rice cooker jika sampai di tangan anak kost tidak hanya berfungsi sebagai alat penanak nasi lhoh, melainkan dapat menjelma menjadi robot serbaguna yang sangat membantu.

Lalu, apa sajakah fungsi lain Rice cooker ala anak kost?

Alat untuk memasak air

Bagi anak kost yang belum atau tidak memiliki dispenser, keberadaan Rice cooker sangatlah membantu. Khususnya bagi para pecinta kopi, atau wedang hangat lainnya. Cukup dengan menuangkan air sesuai dengan kebutuhan ke dalam panci Rice cooker, tekan tombol cook, tunggu hingga mendidih dan air sudah bisa digunakan untuk menyeduh kopi, susu, atau wedang lainnya.

Alat untuk merebus mie instan

Penyakit yang melanda kebanyakan anak kost saat tanggal tua mulai datang adalah penyakit kanker alias kantong kering. Bagi anak kost yang terjangkit penyakit semacam ini, mie instan menjadi salah satu cara untuk menanggulanginya. Selain harganya yang murah, cara membuatnya pun mudah. Pokoknya, mie instan adalah solusi yang tepat bagi anak kost saat virus tanggal tua mulai melanda.
Namun, bagaimana dengan kost yang tidak ada dapurnya? Apakah mie instannya cukup dikremes dan langsung dimakan begitu saja? Tentu saja tidak. Anak kost selalu punya otak cerdas untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Disinilah peran tambahan Rice cooker ala anak kost dapat kita temukan.
Cara memasak mie instan dengan Rice cooker sama dengan ketika menggunakan kompor. Cukup tuangkan air secukupnya ke dalam panci, tunggu hingga mendidih lalu masukkan mie instan ke dalamnya. Step selanjutnya, pasti tahu sendiri lah yaa... Praktis bukan?

Alat untuk menggoreng telur

Setelah nasi matang, anak kost yang dilanda lapar tentunya tidak akan berdiam diri. Mereka akan mencari cara untuk memasak lauk yang enak, tetapi tetap murah. Telur dapat menjadi salah satu solusinya. Tidak perlu menyalakan kompor, anak kost dapat menggunakan rice cookernya untuk menggoreng telur. Cukup panaskan mentega atau minyak sayur secukupnya, kemudian masukkan telur hingga matang dan siap disajikan. Cara ini adalah cara yang paling mudah jika anak kost sedang malas pergi keluar untuk membeli lauk, sedangkan tidak ada dapur dalam kostnya.

Alat untuk merebus kentang

Cocok untuk anak kost perempuan nih, yang lagi melancarkan progam dietnya. Kentang merupakan salah satu makanan alternatif pengganti nasi bagi orang yang sedang diet karena mengandung nutrisi yang lengkap antara lain kalori (rendah), serat dan vitamin C. Selain itu, kentang juga memiliki cita rasa yang lezat. Oleh karena itu, tidak salah jika banyak sekali yang memilih kentang sebagai makanan pengganti nasi.
Bagi anak kost, keberadaan Rice cooker sangatlah membantu dalam hal rebus-merebus termasuk merebus kentang. Gak percaya? Coba aja. Cukup dengan memasukkan air dan kentang yang sudah dicuci bersih ke dalam panci Rice cooker, tekan tombol cooknya, dan tunggu hingga matang. Supaya matangnya lebih sempurna, sebaiknya kentang di potong menjadi beberapa bagian. Terutama kentang yang berukuran besar.

Alat untuk memasak puding

Bagi anak kost yang gemar nyemil berat-berat, biasanya mereka akan memasak puding atau agar-agar. Lumayanlah sebagai teman ngerjain tugas atau sekedar nonton film. Apa lagi jaman sekarang sudah banyak sekali produk racikan puding yang bisa langsung dimasak. Yang pasti, merknya gak perlu disebut di sini lah ya...
Rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak puding lhoh.. Cukup ikuti petunjuk takarannya, lalu masak di Rice cooker. Tidak perlu repot membeli cetakan puding, karena panci Rice cooker dapat sekaligus menjadi wadah untuk mendinginkan puding. Percayalah, yang diutamakan anak kost bukanlah tampilan pudingnya, akan tetapi makannya. Benar nggak? jadi gak perlu repot mencari cetakan puding dong... cukup setelah puding mendidih, matikan rice cookernya dan tunggu hingga puding dingin dan siap disantap di tempat.

(Tulisan ini pernah dimuat di anakkos.com)
Eka Rafika Santi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar