Senin, 16 Mei 2016

Remaja Islam Masa Kini, Progres atau Regres???

Islam, sebagai agama rahmatan lil’alamin, telah mengajarkan manusia untuk berperilaku yang baik dan benar sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadist. Pertama kali Islam lahir dan dibawa oleh Nabi Muhammad ratusan tahun yang lalu di Jazirah Arab, tak lain adalah bertujuan untuk membimbing manusia supaya berada di jalan yang benar. karena pada waktu itu, kemaksiatan dan kejahatan sudah menjadi hal yang biasa di lakukan di negeri padang pasir tersebut.

Semakin ke sini, islam telah banyak mengalami perkembangan. Banyak ilmuan muslim yang lahir dan terkenal di dunia. Seperti Al- Ghazali, Ibnu Sina, Al-Razi, atau yang baru-baru ini muncul seperti Abdussalam, Arkani Hamed, BJ. Habibie dan masih banyak lainnya.

Namun, ada ironi yang muncul bersamaan dengan perkembangan ilmu pengetahuan di kalangan muslim, terutama di Indonesia. Yaitu, mulai masuknya kebudayan barat yang notabenenya jauh dari ajaran agama islam. Gaya hidup bebas sudah menjalar di lingkungan remaja islam Indonesia. Berpakaian terbuka, berpesta, seks bebas, bahkan pemerkosaan dan pembunuhan yang dulu sering dilakukan oleh kaum Jahiliyyah juga sudah banyak dilakukan di Indonesia.

“Para remaja islam tidak malu lagi mempertontonkan kemesraan nya dengan lawan jenis di depan orang banyak atau di tempat umum. Dapat kita saksikan cowok cewek berboncengan, insyaallah kecepatan motor itu 20 km/jam tapi subhaallah ceweknya meluk cowok itu seolah-olah motor itu dalam kecepatan 120 km/jam, na’udzubillah himindzalik”. Tutur Hanung Pertapa Sari, ustadzah PPMI Assalaam Surakarta.

Fenomena-fenomena seperti itu memang sudah banyak kita jumpai dewasa ini. Hanung menambahkan, bahwa banyak di antara remaja muslim yang sudah tidak lagi melaksanakan hak dan kewajibannya sebagai seorang muslim. Islam hanya sekedar dijadikan sebagai identitas belaka.

Namun, lain halnya dengan Fitriyani, mahasiswa KPI 2013. Ia memandang bahwa remaja islam sudah banyak mengalami perkembangan terutama dari segi berpakaian.

“Pertama kali islam masuk di Indonesia dan mengenalkan cara berpakaian yang tertutup, orang-orang hanya sekedar memakai kain yang di slempangkan di kepala. Akan tetapi, sekarang sudah banyak remaja muslim yang memakai jilbab syar’i”. Jelasnya.

Lalu, bagaimana sebenarnya perkembangan remaja islam masa kini? Progres atau regres? Tentunya kita tidak dapat melihat segala sesuatu dari satu sisi saja, melainkan harus dari berbagai sisi. Islam tidak hanya sekedar  cara berpakain, juga bukan hanya mengajarkan caranya bergaul dengan sesama. Islam lebih luas daripada lautan.

Semoga tulisan ini dapat memberi suntikan moral kepada remaja islam masa kini untuk dapat menginstropeksi diri. (Tugas: Laporan Utama dalam Majalah Psidak)
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar